Rabu, 11 Juni 2014

7 Menu diet karbohidrat yang ampuh mengurangi lemak tubuh

Menu diet karbohidrat mutlak diperlukan saat diet, Anda tidak bisa mengatakan bahwa diet yang tepat adalah diet yang sama sekali tak menggunakan karbohidrat. Justru, karbohidrat diperlukan sebagai sumber tenaga Anda dalam aktivitas sehari penuh. Namun ada beberapa menu karbohidrat yang disarankan da nada beberapa yang harus Anda buang. Sebagai contoh, Anda tidak dianjurkan mengkonsumsi roti putih dan lebih disarankan untuk memilih oatmeal. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan 7 menu diet karbohidrat yang membantu penyusutan lemak Anda.

Apa saja 7 menu diet karbohidrat tersebut?


Oatmeal

Siapa yang tidak mengetahui manfaat oatmeal untuk diet. Karbohidrat kompleks dalam oatmeal membuatnya menjadi idola bagi banyak orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari penderita diabetes, penyakit jantung, hingga para praktisi diet menggunakan oatmeal sebagai karbohidrat wajib.

Dalam diet sehat, karbohidrat kompleks oatmeal berperan menjaga energi Anda untuk terus terpenuhi selama aktivitas harian Anda berlangsung. Oatmeal dapat digunakan dalam berbagai resep campuran, seperti menambahkan irisan pisang, daging kalkun, hingga beberapa sayuran segar.

Ubi Jalar

Ubi adalah salah satu makanan pokok beberapa Negara termasuk Indonesia. Beberapa daerah menggunakan ubi sebagai pengganti nasi, dan tahukah Anda bahwa ubi juga berkontribusi dalam diet? Pilihlah ubi jalar, maka Anda akan mendapatkan karbohidrat dan kandungan serat yang jauh lebih unggul daripada jenis ubi lainnya. Kita semua mengetahui bahwa serat adalah kandungan yang paling diincar dalam diet. Fungsinya? Tentu untuk mengenyangkan perut Anda. Dengan ubi jalar pula, Anda mendapatkan asupan vitamin B6 yang membantu menjaga kelancaran peredaran darah sehingga baik untuk jantung.

Pisang

Pisang bak makanan wajib dalam diet, kandungan karbohidrat yang mudah dicerna dan lemaknya yang rendah membuat pisang menjadi saran wajib bagi Anda. Bahkan, diet pisang telah banyak diterapkan dan benar-benar mampu membantu Anda dalam percepatan penurunan berat badan.

Selain karbohidrat yang menjadi isu sentral dalam konteks ini, pisang juga kaya akan kalium, vitamin C, dan Serat. Anda juga bisa mengkonsumsi pisang dengan sangat variatif, seperti menerapkan irisan pisang di atas oatmeal.

Nasi merah

Manfaat nasi merah untuk diet hampir sama bahkan sejajar dengan manfaat oatmeal. Nasi merah adalah menu diet karbohidrat yang juga memiliki karbohidrat kompleks, tinggi serat, dan mampu menstabilkan gula darah Anda. Sejatinya, nasi merah berasal dari tanaman yang sama dengan nasi putih. Bedanya, nasi merah tidak mengalami proses penggilingan lebih jauh sehingga ada kulit yang masih tersisa.

Kacang-kacangan

Ini adalah camilan sehat yang bisa bebas Anda konsumsi ketika diet. Kacang merah, dan kacang almond mengandung karbohidrat yang dicerna secara perlahan, serta protein dan serat yang membantu Anda tetap kenyang.

Jagung

Jagung merupakan salah satu karbohidrat pilihan yang digemari. Jagung rebus di pagi hari juga merupakan sarapan yang cocok dan dapat menjamin energi Anda terpenuhi. Namun perlu diingat bahwa kita sering lupa akan kadar pengkonsumsian jagung, jadi tetap pastikan Anda mengkonsumsinya dalam takaran sedang.

Makanan ini adalah jenis makanan dengan indeks glikemik rendah, apa artinya? Anda akan mendapatkan peningkatan gula darah dengan situasi ang normal. Berbeda dengan nasi putih, dengan indeks glikemiknya yang tinggi, nasi putih mampu diserap tubuh dengan cepat dan membuat gula darah Anda naik dengan cepat.

Kentang

Kentang merupakan pengganti nasi yang telah dibuktikan mampu menyehatkan tubuh dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Ada sebuah penelitian yang melibatkan 18 pria dan wanita, mereka diminta untuk mengonsumsi 6 hingga 8 kentang berukuran bola golf sebagai solusi makan siang dan malam. Setelah sebulan menjalani sistem akan kentang tersebut, tekanan darah mereka turun secara signifikan begitu pula risiko jantung dan stroke. Juga, penelitian tersebut mendapatkan fakta bahwa tidak ada responden yang mengalami kenaikan berat badan.

Kentang telah diketahui hanya mengandung 12 kalori dan sangat baik untuk kesehatan terutama jantung Anda. Idealnya, kentang dimasak dengan cara direbus dalam Microwave beserta kulitnya, karena banyak manfaat yang bisa Anda ditemukan pada kulit kentang.

Menu diet karbohidrat di atas, disarankan tetap dikonsumsi walaupun Anda tidak sedang berdiet, karena berbagai kandungannya bgitu berguna bagi tubuh Anda. Selamat mencoba 7 menu diet karbohidrat tersebut, dan semoga Anda berhasil. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar