Selasa, 10 Juni 2014

5 pola makan sehat untuk diet yang harus dikonsumsi dan 3 yang harus dihindari

Konsep diet yang sukses haruslah melibatkan pola makan sehat untuk diet. Sejatinya, Anda tidak perlu bingung mengenai pola makan diet yang baik, karena semuanya bisa diambil konsep secara jelas dan mudah. Inilah 5 konsep jenis makanan yang harus Anda konsumsi serta 5 jenis makanan yang harus Anda hindari dalam menerapkan pola diet.

Konsumsi 5 pola makan sehat untuk diet

Makanan bervitamin (buah dan sayuran)
Dianjurkan untuk mengkonsumsinya dengan angka "gila", yaitu 5 hingga 9 porsi setiap hari. Buah dan sayuran dikemas dalam vitamin, mineral, antioksidan, serta senjata diet berupa serat. Bukan hanya lezat, namun buah dan sayuran juga berfungsi membantu Anda meningkatkan metabolisme, membakar lemak, mengenyangkan, dan membuat daya tahan tubuh Anda menjadi jauh lebih baik.

Antioksidan yang ada di dalam buah dan sayuran telah terbukti ampuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, hipertensi, anemia, dan masih banyak lagi. ketahuilah bahwa buah dan sayuran adalah elemen penting bagi diet wanita jepang yang amat terkenal tersebut.

Karbohidrat kompleks (butiran gandum dan beras merah)
Dikatakan bahwa karbohidrat kompleks mampu menjaga energi tubuh Anda sepanjang hari. Dimana Anda bisa mendapatkan kandungan karbo kompleks, jawabannya ada pada oat, dan nasi merah. Selain kaya akan karbohidrat kompleks, kedua jenis makanan ini juga mengandung vitamin b, vitamin e, dan serat.

Protein (produk susu berprotein)
Protein adalah nutrisi yang Anda butuhkan ketika diet. Sejatinya, ada banyak sumber protein seperti telur yang amat disarankan bagi ahli diet manapun. Tetapi, sebagai variasi Anda bisa mengkonsumsi susu rendah lemak yang kaya akan protein. Terutama bagi Anda yang tak hanya ingin kurus namun juga mempunyai tubuh berotot, maka konsumsilah susu berprotein tinggi yang berguna dalam membangun masa otot Anda. Terlebih lagi, susu juga mengandung kalsium yang baik sebagai pertumbuhan atau sekedar menjaga kepadatan tulang Anda.

Variasi protein (ikan, dan daging)

Kalau Anda bosan dengan susu dan telur, temukan kandungan protein berkualitas tinggi pada ikan dan steak. Selain protein, dengan mengkonsumsi ikan Anda juga mendapatkan asupan lemak omega-3 yang berguna dalam memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan steak adalah sumber protein yang mempunyai rasa lezat, namun ingat bahwa jangan mengkonsumsi steak dengan frekuensi yang sering. Konsumsilah steak dalam batas wajar dan campurkan dengan beberapa sayuran kukus seperti wortel, buncis, dan brokoli. Bila memungkinkan, konsumsilah steak yang berasal dari daging rendah lemak.

Lemak sehat (kacang-kacangan)

Kenapa Anda disarankan mengemil kacang almond? Karena kandungan lemak tak jenuhnya sehat untuk jantung. Solusi ini bisa digunakan ketika telah terbiasa mengkonsumsi camilan dan Anda sulit menghilangkannya.

Hindari 3 pola makan diet 

Lemak jenuh (daging merah dan susu kaya lemak)

Daging merah, mentega, keju, minyak kelapa sawit dan produk susu berlemak tinggi adalah kombinasi yang sering kita temukan dan sejatinya harus Anda hindari. Dengan beberapa makanan tersebut, kolesterol meningkat, arteri tersumbat, dan pada akhirnya penyakit jantung dan kanker bisa menyerang Anda dengan sangat mudah.

Lemak trans (gorengan)

Hati-hati bagi Anda yang suka menyantap kentang goreng, tahu goreng, dan ayam goreng terutama yang dijual secara bebas di pinggir jalan. Kenapa demikian? Coba Anda perhatikan minyak yang digunakan untuk menggoreng, hal paling pertama yang Anda lihat adalah minyak tersebut jarang diganti. Artinya, minyak yang jelas-jelas mengandung lemak trans tersebut akan memiliki kandungan yang semakin buruk karena dilakukan untuk menggoreng lebih dari 10 bahkan 15 kali penggorengan. Selain gorengan, margarin juga mengandung lemak jahat yang siap meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makanan dengan natrium tinggi (makanan beku)

Makanan yang memiliki kadar natrium amat tinggi akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, dan osteoporosis. Apa saja anggota makanan bernatrium tinggi? Hotdog, saus tomat, daging kalengan, pizza beku, dan berbagai makanan beku lainnya.

Diet adalah konsep mudah, Anda hanya diharuskan untuk mengkonsumsi kelima makanan dan menghindari ketiga makanan di atas. Tetapi yang sulit adalah memfokuskan diri Anda untuk konsisten menerapkan konsep simpel tersebut. Anjurannya adalah, jadikan keinginan Anda untuk hidup sehat dan memiliki badan ideal lebih besar daripada sekedar keinginan untuk menyantap makanan yang berlemak. Semoga Anda berhasil menerapkan pola makan sehat untuk diet dan mendapatkan tubuh ideal. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar