Selasa, 10 Juni 2014

6 Pola diet sehat

Pola diet sehat - Pola diet sehat adalah hal yang amat penting dalam proses menurunkan berat badan. Saat ini, banyak orang yang melupakan proses diet dan lebih berorientasi pada hasil dan kecepatan. Mereka tidak peduli cara apa yang diterapkan. Selama cara tersebut cepat dan bisa menurunkan berat badan dengan angka yang signifikan, maka resiko apapun akan diambil. Ketahuilah bahwa Anda butuh proses, dan 6 pola diet sehat berikut adalah proses yang menunjang penurunan berat badan dengan benar.

Sukses dengan 6 Pola diet sehat 


Lupakan minuman bersoda

Coba Anda periksa komposisi yang ada di dalam minuman bersoda tersebut. Perhatikan kandungannya, apakah terlihat ada hal yang bernutrisi? Jawabannya tidak. Dalam minuman bersoda, Anda hanya akan mendapatkan kalori kosong dalam jumlah besar yang justru akan meningkatkan lemak dalam tubuh.

Tahukah Anda bahwa minuman bersoda adalah salah satu penyebab terbesar terjadinya perut buncit? Minuman ini diproses  di hati Anda, namun hati akan terlebih dahulu memproses soda dan menunda glukosa atau zat gula. Nah, glukosa tersebut akan tertimbun di sekitar perut, menjadi lemak visceral, dan tentunya membuat perut Anda semakin buncit.

Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji amat dikampanyekan sebagai makanan sehat, cepat, dan solusi bagi masyarakat perkotaan yang super sibuk. Anda perlu tahu bahwa itu adalah sistem pemikiran yang salah. Kenapa demikian? Pertama, makanan cepat saji mengandung kalori yang bahkan bisa mencakup kebutuhan Anda sepanjang hari. Ayam goreng, sandwich, kentang goreng dan tambahan minuman bersoda membuat tubuh Anda mendapatkan suplai kalori terbanyak yang seharusnya bisa diterapkan untuk satu hari aktivitas padat.

Kedua, kalori di dalam makanan cepat saji hampir semuanya berasal dari lemak. Anda jangan tertipu dengan sayuran sehat yang ada di burger, karena disamping sayuran sehat tersebut, ada roti, daging, kentang goreng yang siap menjadikan Anda penderita obesitas.

Cobalah untuk memasak di rumah dengan menggunakan minyak rendah kolesterol, mengkonsumsi ikan, dan sayuran rebus. Semua itu adalah cara yang sungguh bijak daripada Anda harus keluar rumah dan membuang uang untuk sesuatu yang membahayakan kesehatan.

Konsumsi 5 porsi buah dan sayuran

Ini adalah solusi pengganti makanan cepat saji. Gantilah menjadi pola makan diet sehat, dan andalkan sayuran serta buah sebanyak 5 porsi per hari. Sayuran hijau telah termasuk dalam daftar menu diet sehat yang bisa anda konsumsi ketika makan malam. Porsi tersebut akan memberikan Anda semua manfaat nutrisi berupa antioksidan, serat, vitamin, dan mineral.

Berfokus

Mungkin Anda akan bosan dengan pola diet sehat yang diberikan, namun tetapkan diri Anda untuk tidak tergoda dan berfokuslah. Jangan mengambil risiko berbelanja, atau sekedar berjalan-jalan bersama teman namun perut Anda kosong. Situasi tersebut membuat kita mudah tergoda dan pada akhirnya makanan cepat saji menjadi menu Andalan disaat lapar tak lagi bisa ditahan.

Perhatikan minuman Anda

Selain isu berbagai macam makanan sehat, saat ini kita beralih ke minuman yang baik untuk Anda konsumsi. Nah, ketika Anda bertanya minuman apakah yang cocok untuk orang diet? Jawabannya adalah minuman tanpa gula. Air putih dan teh hijau amat disarankan sebagai minuman utama ketika diet.

Dengan air putih, tubuh Anda akan berproses secara maksimal terutama dalam metabolisme tubuh, sedangkan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang memperlancar sirkulasi darah sehingga nutrisi dapat tersalurkan secara optimal.

Buatlah tubuh Anda untuk tetap terhidrasi dengan asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari dan minumlah teh hijau ketika pagi hari setelah sarapan. Anda bisa mengganti teh hijau dengan teh biasa namun pastikan juga tanpa asupan gula.

Berolahraga teratur

Ya, dalam pola diet sehat, kita tak melulu berbicara mengenai makanan dan minuman. Tetapi ada hal yang sangat penting dalam pembakaran lemak yaitu olahraga teratur. Anda disarankan mencoba kardio dalam bentuk jogging, berenang, bermain tenis, hingga bermain bersama hewan peliharaan.

Pola diet sehat itu sebenarnya mudah diterapkan, tetapi semuanya kembali kepada niat Anda. Jadikanlah passion Anda untuk memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal selalu lebih besar dibandingkan keinginan Anda mengkonsumsi makanan berlemak. Selamat mencoba pola diet sehat yang diberikan dan semoga Anda berhasil. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar