Jumat, 20 Juni 2014

Fungsi Makanan Berserat dalam Diet

Dalam sehari semalam, manusia memerlukan serat sekitar 25 gram. Kebutuhan serat ini pastilah berguna untuk kesehatan tubuh manusia. 

makanan berserat untuk diet

Berikut adalah alasan mengapa manusia membutuhkan serat :

1. Serat membantu menurunkan berat badan
Menyantap produk tepung atau karbohidrat mungkin memuaskan lidah Anda. Namun Anda akan cepat lapar. Sementara serat memerlukan waktu lama daripada karbohidrat untuk dicerna perut. Sehingga serat akan membuat Anda merasa lebih kenyang cukup lama, sehingga tak banyak makan.
Selain itu, makanan kaya serat seperti buah dan sayur, biasanya rendah kalori daripada makanan karbohidrat dan memberikan nutrisi lebih banyak termasuk antioksidan. Lebih sedikit kalori dengan lebih banyak nutrisi berarti Anda menurunkan berat badan secara sehat.
2. Serat baik untuk jantung
Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan makanan yang kaya baik oleh serat yang larut maupun tidak larut untuk meningkatkan kesehatan jantung. Serat yang larut, yang biasa ditemukan pada oat, kacang, dan sitrus, telah dihubungksn dengan berkurangnya risiko sakit jantung karena makanan serat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Sementara serat tidak larut bisa ditemukan pada produk gandum, sayuran, dan wortel, telah dihubungkan dengan berkurangnya risiko sakit jantung.
3. Serat mencegah diabetes tipe 2
Makan makanan kaya serat bisa mencegah dan mengatasi diabetes tipe 2 dengan cara mendorong produksi gula darah sehat dan level insulin. Karena serat mendorong berkurangnya berat badan, maka serat membantu mencegah diabetes tipe 2. Dan bagi mereka yang sudah menderita diabetes, serat bisa membantu mengontrol level gula darah karena serat memperlambat penyerapan glukosa.
4. Serat melawan kanker
Mengonsumsi serat bisa mengurangi risiko terkena kanker, terutama kanker usus, perut, usus kecil, kerongkongan, payudara, dan rahim. Serat memberi manfaat bagi sistem pencernaan karena serat berfungsi seperti sapu, menyapu racun keluar dari tubuh. Selain itu makanan serat seperti buah dan sayuran tinggi antioksidan yang berpotensi melawan kanker.
5. Serat memperbaiki diet
Jika Anda menggantikan makanan dari produk-produk karbohidrat yang sudah diproses atau makanan cepat saji dengan makanan kaya serat, maka secara drastis, cara ini akan memperbaiki kualitas diet Anda. Diet yang lebih sehat, kaya serat, berarti lebih banyak energi, kesehatan otak, kulit halus, rambut indah, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti batu ginjal, masalah pencernaan, nyeri sendiri, hingga memperbaiki kondisi kulit.
Yang termasuk ke dalam makanan yang mengandung serat antara lain, beras mengandung 2,1 serat, jagung I,1 serat, kelapa 1,6 serat. Kacang-kacangan yang terdapat dalam tahu dan tempe, kacang panjang, buncis, kacang merah, kacang hijau mengandung 1,2 gram serat. Sayuran seperti kangkung, wortel, terung, kol, buncis, bayam, nangka muda, pepaya muda, daun kelor, dan daun singkong mengandung 1,2 gram. Sementara buah-buahan seperti pepaya dan jeruk menyumbang 0,9 gram.
Jika kita tidak bisa memenuhi kebutuhan serat sebanyak 25 gram perhari maka bisa mengkonsumsi makanan suplemen yang mengandung serat yang tinggi, seperti misalnya Melilea Green Field Organic, yang mengandung 4 gram serat dalam setiap 7 gram isinya (1 takaran sendok saji).

0 komentar:

Posting Komentar